Rabu, 17 Januari 2024, Jurusan Agrobisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH) SMKN 1 KURIPAN menggelar kegiatan pemasaran produk melalui media sosial berhasil menarik perhatian banyak konsumen. Tim Media SMKN 1 KURIPAN melakukan wawancara dengan Paozan, SP, salah satu guru dari Jurusan ATPH, yang memberikan gambaran tentang hasil penjualan produk. Produk unggulan yang berhasil terjual yaitu 2 pohon anggur import X Rp 75.000, 2 pohon rambutan X Rp 60.000 , 2 pohon terong X Rp 15.000, dan 2 pohon cabe X Rp 15.000. Total penjualan mencapai Rp330.000, dengan sistem pembayaran Cash On Delivery (COD) yang memudahkan konsumen.
Pemasaran produk ini didukung oleh keterlibatan siswa-siswa dari jurusan ATPH sebagai perwakilan dalam mengantarkan pesanan langsung ke rumah konsumen. Hal ini tidak hanya meningkatkan keterampilan praktis siswa dalam mengelola produk hortikultura, tetapi juga memberikan pengalaman nyata dalam berinteraksi dengan konsumen. Keberhasilan penjualan ini menunjukkan efektivitas strategi pemasaran yang diterapkan oleh jurusan ATPH, dengan fokus pada produk unggulan dan pelayanan konsumen yang baik.
Dalam wawancara, Paozan, SP, menekankan pentingnya pendekatan praktis dalam pembelajaran bagi siswa ATPH. Melalui kegiatan pemasaran ini, siswa tidak hanya belajar tentang budidaya tanaman pangan dan hortikultura, tetapi juga mengasah keterampilan dalam pemasaran dan berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan. Ini merupakan langkah positif dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi profesional yang siap terjun ke dunia industri agrobisnis.
Kegiatan pemasaran produk Jurusan ATPH SMKN 1 KURIPAN pada tanggal 17 Januari 2024 menjadi contoh nyata bagaimana pendidikan praktis dapat menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan terapan yang kuat, serta memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat.
Bravo ! Siswa ATPH, Guru Produktip, dan Tim Media SMKN 1 Kuripan, langkah ikhtiar menuju SMK TERMANJUR (Berkarakter Manajer Entrepreneur).
Beri Komentar